Inspirasi Kegiatan Positif Gap Year

By Yolanda Zahra - Agustus 25, 2020


       
inspirasi kegiatan
       
 Beberapa hari yang lalu aku lihat pengumuman SBMPTN menjadi salah satu tranding di twitter dan banyak calon mahasiswa baru atau biasa di sebut dengan camaba yang menyampaikan berita gembira mereka dengan mengunggah screenshoot ataupun foto hasil kelulusan SBMPTN mereka. Guys tapi aku paham kok presentase antara yang di terima di SBMPTN dengan yang gagal SBMPTN jauh lebih banyak yang gagal di SBMPTN. Solusi yang masih ada untuk saat ini bagi adik-adik yang akan melanjutkan jenjang ke perguruan tinggi kalian masih dapat mempersiapkan Ujian Mandiri untuk beberapa PTN, prepare untuk mencari kampus swasta atau gap year loh yang bisa menjadi salah satu opsi kalian nih.

Mungkin ada yang belum tahu mengenai definisi dari gap year sendiri. Gap year adalah merupakan jeda selama setahun sebelum atau setelah kuliah / universitas di mana siswa terlibat dalam berbagai kegiatan pendidikan dan pengembangan, seperti perjalanan atau beberapa jenis pekerjaan reguler. Bagi temen- temen yang akan mempertimbangkan opsi untuk gap year pada tahun ini aku akan memberikan tips apa saja sih yang dapat kalian lakukan ketika gap year. 


 1.Belajar untuk Tes tahun depan

 Foto: nesitimes.com 

Gap year menjadi pilihan yang tepat nih untuk temen-temen fokus belajar mempersiapkan tes untuk tahun depan, banyak juga testimoni yang telah memutuskan untuk gap year dan berhasil lolos di PTN dan jurusan yang diinginkan di tahun keduanya. Temen-temen bisa ambil kursus online seperti Zenius, ruang guru ataupun mengambil kursus offline seperti inten, Ganesha Operation.


 2.Cari Kerja 
foto: ekrut.com 

Mencari pengalam di dunia keerja menjadi sebuah pilihan yang baik untuk mengisi kegiatan positif selama gap year. Kalian dapat mendftarkan diri baik full time, parttime maupun freelancer. Apabila parttime dan freelancer tetap bisa fokus dan membagi waktu untuk belajar persiapan tes tahun depan. 


 3.Belajar Bahasa


Foto: helosehat.com 

Apabila kalian sangat tertarik dengan bahasa dan belum lancar berbahasa inggris, mengambil kursus bahasa ataupun belajar bahasa dapat menjadi pilihan kegiatan yang baik untuk mengisi waktu gap year kalian. Dunia perkuliahan di tuntut harus memahami bahasa inggris bahkan untuk era saat ini bahasa china juga termasuk bahasa yang harus dipelajari sebagian masyarakat etnis Tionghoa juga hidup berkelompok di beberapa negara besar. Hingga saat ini, fakta menunjukkan bahwa bahasa mandarin hampir digunakan di seluruh dunia.


 4.Apply Volunteer 



Volunteer sudah tidak asing lagi bagi kita semua, volunteer atau relawan biasanya banyak tersedia di instagram atau kalian bisa membuat akun indorelawan dan menemukan banyak sekali informasi mengenai kegiatan yang mmebutuhkan relawan baik paid mauapun unpaid. 


 5.Traveling 

foto: jakmall.com 

Salah satu manfaat dari traveling adalah kalian akan mendapat pembelajaran dari perjalanan kalian dan bertemu dengan orang baru. Saya menyempatkan diri saya untuk traveling ketika gap year dan menemukan banyak kenalan yang sampai sekarang menjadi sahabat baik saya. Bahkan dengan bertemu banyak orang baru dan berbeda daerah kita dapat sharing mengenai budaya dan kebiasaan pada daerah masing-masing. Selain dapat mengunjungi tempat yang menyenangkan traveling juga bisa menjadi tempat dimana untuk menambah teman baru.


 Nah itulah beberapa referensi kegiatan menarik yang dapat kalian gunakan untuk mengisi waktu gap year kalian. Tetap semangat untuk teman-teman yang memilih menunda waktu kuliah dan tetap belajar untuk mengasah skill. 

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments