5 Rekomendasi Situs pembelajaran Online gratis dan terbaik.

By Yolanda Zahra - Desember 07, 2020


 

                                            foto: https://unsplash.com/photos/FHnnjk1Yj7Y


Internet menjadi sebuah kemudahan untuk menerima informasi bagi masyarakat, Beragam informasi tersedia salah satunya informasi pendidikan. Semakin berkembangnya teknologi dan banyaknya situs-situs yang bermunculan mengenai pembelajaran online yang dilakukan secara gratis. Situs pembelajaran online ini juga beragam dengan banyaknya kelas yang disediakan sehingga kita dapat memilih kelas mana yang cocok dan yang akan kita pelajari. Berikut rekomendasi situs pembelajaran online yang mudah, lengkap dan pastinya gratis untuk mengisi waktu luang.  

 

1. Coursera  

foto: classcentral.com

Coursera merupakan situs belajar online gratis yang berasal dari amerika situs ini menyediakan kursus berbayar hingga gratis. Apabila kamu tidak memiliki budget berlebih maka cobalah untuk mengambil kursus gratis yang tersedia di coursera. Bahasa yang digunakan untuk kelas adalah menggunakan bahasa inggris, pastikan bahasa inggris kamu juga cukup bagus sehingga bisa mengerti pembahasan materi di kelas yang kamu ambil.  

 

2. Future Learn 

 

foto: iblnews.org

Future learn  adalah situs belajar online yang didirikan pada tahun 2012. Sama seperti coursera bahasa pengantar kelas menggunakan bahasa inggris setiap pilihan kursus memiliki durasi waktu belajar antara 2 sampai 8 minggu. Namun jika kita memang tidak bisa selesai dalam tenggat waktu yang diberikan, kita tetap diberikan kesempatan mengakses pilihan kursus kita sampai selesai. 

 

3. Zenius  


foto: tribunenews.com

Website satu ini mungkin tidak asing bagi para pelajar di Indonesia, zenius merupakan situs belajar online untuk para pelajar hingga jenjang SMA. Zenius juga memberikan kelas untuk para pelajar yang akan menyiapkan seleksi perguruan tinggi negeri yang berupa tes atau dikenal dengan SBMPTN. Sebelumnya untuk menggunakan zenius kita 

wajib membayar paket belajar yang sudah tertera di website akan tetapi semenjak bulan desember 2019 zenius memutuskan untuk memberikan pelayanan gratis kepada masyarakat, zenius telah menerima banyak sekali respon positif dari masyarakat karna kebijakan tersebut. Zenius tidak hanya memberikan video pembelajaran, kalian juga dapat mengakses soal-soal bahkan modul belajar yang ada di zenius.  

 

4. IndonesiaX 


foto: kompasiana.com

IndonesiaX juga merupakan website resmi kursus online gratis dari Indonesia. IndonesiaX memfokuskan kelas untuk para mahasiswa agar dapat menambah wawasan dengan mengakses kelas yang ada di IndonesiaX. Pengajar setiap kelas di IndonesiaX sendiri adalah  sejumlah ahli dalam bidangnya. IndonesiaX resmi di luncurkan pada 17 agustus 2015. Penggunaan Bahasa pada setiap kelas di IndonesiaX bisa menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa inggris.  

 

 

5. Class Central  

foto: classcentral.com 

Class central ini merupakan kursus online terbaik dikarenakan class central juga memberikan kelas dari Ivy leaguge university jadi kamu dapat mengakses kelas yang diisi oleh pemateri dari universitas terkemuka di dunia seperti Harvard university dan kampus lainnya. Selain itu Class Central menyajikan beragam kursus online di berbagai macam bidang. Belajar dengan menggunakan class central tidak menjadi kemustahilan untuk merasakan belajar dikampus terkemuka dunia secara gratis.  

 

Itulah kelima situs pembelajaran online  terbaik dan juga gratis, kamu dapat memanfaatkan waktu luang di tengah pandemi saat ini dengan melakukan kegiatan positif salah satunya mengasah skill baru dan mempelajari hal-hal baru dari bidang yang kamu sukai melalui belajar menggunakan situs website tersebut. Jangan biarkan dirimu larut dalam waktu untuk bersantai dirumah dan biarkan dirimu memanfaatkan waktu untuk terus mempelajari hal-hal baru selama pandemi ini berlangsung.  

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments